Langsung ke konten utama

Review Buku: Student Guidebook for Dummies 2

Ini pertama kalinya gue menulis review buku di blog gue. Alasan kenapa baru menulis tentang review blog ada dua alasan;
Pertama, baru punya buku yang pas untuk dibikin review
Kedua, gak sempat nulis review buku karena ada kegiatan lain


Buku yang akan gue review kali ini adalah buku seorang yang terkenal gila-gilaan dengan videonya di Youtube dan Instagram, seorang yang juga suka mainin rubik di kala senggang, dia adalah Kevin Anggara! Bagi yang udah sering berjalan-jalan ke Youtube, Instagram, atau blognya sendiri udah pasti tau sama anak yang akan kuliah tahun ini.

Gue berhasil mendapatkan buku ini dengan Pre Order ke salah satu tokbuk online, yang mana keuntungan yang gue akan dapetin yaitu; 1. TTD langsung Kevin, 2. Gue pasti duluan dapetin buku ini daripada yang beli di gramedia setelah masa pre order berakhir. Ini pertama kalinya gue membeli buku secara online, ditambah pula pre order di hari pertama! sungguh excited banget gue dengan buku satu ini.

Setelah beberapa lama gue nunggu, dan gue cek-cek info tentang bukunya kapan rilis, akhirnya lahir juga nih buku.



Tanpa lama lagi, inilah review gue tentang buku ini:

Pertama gue buka setelah dateng dianterin oleh kurir JNE, lalu gue buka plastiknya, lalu sobek dah plastiknya. Udah gak suci lagi. Ups. Gue buka halaman pertamanya, gue cek ternyata tanda tangannya ada tertera, sebelumnya gue berterima kasih buat doi yang telah menandatangani bukunya, dan maaf juga udah buat jarinya merah kayak cabe cabean karena tanda tangan puluh ribuan lembar. Hehe...



Kesan pertama setelah membuka buku hanya satu, harumnya aroma kertas buku. Iya sih gue kalo baca buku itu sering ngebauin kertas, aromanya kayak aroma wangi parfume cewe yang lagi lewat di depan kita. Hyemm. Tapi kalo lo nyari parfume yang rasa kertas, gue yakin para toko parfume gak ngejual. Suerdah.

Dimulai dari cerita "Ketua osis suit", menceritakan tentang pengalaman doi jadi ketos dengan hasil akhir harus dilalui dengan suit.



Gilee baru kali ini gue tau cara kayak gini. Coba bayangin pemilihan presiden kayak gini, pasti kocak banget, perkenalan diri saat kampanye osis dengan hobi "minum panadol tanpa air", gak ikut pendalaman materi untuk UN karena keasyikan main bola sama temen, lalu ada guru yang ngomongnya huruf akhir di panjangin dikiiiiiiit. Dan masih banyak lagi hal kocak di dalam buku yang tebalnya 163 ini.

Yang paling ngakak dan buat gue bingung, pada bab "Pelajaran Favorit"


 Pada tau kan kenapa hal ini buat gue bingung? Nice juga nih buat kita penasaran :D

Dari semua bab yang ada di buku ini, bab "Belajar Untuk Hidup" menjadi favorite gue. Disini doi nulis tentang kenapa seseorang harus "dipaksa" buat memahami dan menguasai suatu mata pelajaran. Doi juga bilang setiap orang punya bakat tersendiri, bukan dipaksa untuk mempelajari sesuatu yang gak kita suka.


Juga gue menganggap cerita tentang Pak Anto dalam buku ini, dimana disaat si Ray- temen Kevin yang ngebuka buku pas ulangan. Gini nih percakapannya:

Pak Anto: "Loh, Ray itu kok ngeliat buku cetak?" 
Ray: "Emang gak boleh pak?"
Pak Anto: "Ya, boleh..."

Kalo di sekolah gue ada guru kayak gini, gue janji gak males buat ulangan lagi. Suer!

Cuman sih, menurut gue yang di bab "Belajar Untuk Hidup" terlalu singkat dibahas, menurut gue kalo ada pendapat lain lagi buat buku itu seru, punya value yang lebih, lalu ada kata yang gue temui agak typo, semoga diperbaiki pada cetakan berikutnya. But, semua bab dikemas dengan sip dan kocak! Semua yang dibahas disini umumnya tentang pelajar yang absurd, cocok buat gue yang mau masuk mode putih abu-abu. Oiya, ini adalah buku kedua setelah buku pertama Student Guidebook for Dummies, pengen juga ngebaca yang edisi pertama, tapi nanti deh hehe.

Rekomended banget deh untuk dibaca, khususnya pelajar dan pelajar yang udah tamat.


Kalo di dunia perfilman, gue akan nge-rate:

Cover: 7/10
Tulisan: 8/10
Ilustrasi gambar: 9/10 (bukunya bewarna itu bikin seneng dibaca)

Dan juga gue akan merangkum kata-kata di dalam buku ini yang nyemangatin gue, dan bermakna juga kalo kita pahami:

1. "Gue percaya, belajar itu butuh proses."

2. "Jika kamu menilai ikan dari caranya memanjat pohon, ikan itu akan selamanya merasa dirinya bodoh." -Albert Einstein

3. "When students cheat on exam, It's because our school system values grades more than students value learning."


FYI, katanya buku ini telah beredar 10 Juni kemaren. Ayo segera dibeli bukunya, sontek tips menarik di dalamnya :D. Maaf ya gue dapet duluan bukunya hehehe...


Pintar Itu Relatif, Nyontek Itu Alternatif. Bhahaha!

Komentar

  1. Aih curang udah punya bukunya :(((
    Btw, mampir balik ya! Ada postingan baru loh bit.ly/liburnyajomblo

    BalasHapus
  2. cara reviewnya bikin ngiler. Pakai pakai screenshoot halaman segala ni anak. Kan kampret bikin pengen baca.

    Tanggungjawab fif, sini aku minjem... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih terasa nge-review kalo pake pict :D

      Noh tadi udah gue lempar, bang :D

      Hapus
  3. Harganya tau nggak??? Seru juga buat ngabuburit...

    BalasHapus
  4. fetish ente sedikit parah ya gan, nyiumin bau buku... itu pasti sampe berjam-jam tuh sambil bayangin bau cewek

    ane juga suka tuh kayak bab pelajaran yang paling disuka... pelajaran kosong
    cckckc
    ide bikin babnya keren juga tuh.

    Liat bukunya kayaknya ringan banget ya..jadi penasran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah refleks gue sih kalo baca buku, wkwkw. Dari pada nyium pacar orang? Mana nanti gue yang kena tampol! :v

      Ringan banget, cocok untuk baca santai

      Hapus
    2. ahahah

      saya juga sebenernya gitu sih sama buku baru

      Hapus
  5. wiih, beruntung banget tuh dapet bukunya duluan sama tanda tangannya :) kereeen :)

    BalasHapus
  6. Aku pikir pelajaran favorit itu kenapa dibikin garis-garis kosong soalnya biar bisa dicoret-coret sendiri, ternyata maksudnya kosong soalnya pelajaran favoritnya "pelajaran kosong" wow.

    Mungkin pak anto ngjinin buka buku soalnya itu ujiannya open book, jad boleh buka buku. Penasaran nih sama bukunya, udah terbit nggak terus harganya berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jarang-jarang banget bro kalo ulangan boleh buka buku, malahan gue yang ngumpet2 buat liat buku.

      Udah bro, kalo gaksalah 50k, cek aja ke tokbuk terdekat

      Hapus
    2. Wah sungguh tidak patut ditiru.

      Makasih ya

      Hapus
  7. Owalah ini toh penampakannya. Pinky yaa... Kayanya tetep seru seperti buku pertamanya ya? Aku ada yang pertama yang warna kuning itu. Dapat hadiah Giveaway. Dapat tandatangannya juga sih. :D
    Boleh deh, ngumpulin buku dia yang kedua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merah marun kak tepatnya :D. Yah bagus tuh udah ngoleksi yang kuning (SGFD1). Pengennya ngoleksi dua buku dari kevin, SGFD 1 dan 2 :D

      Hapus
    2. Iya, entar deh kalau pas ada duit terus main ke gramed :3

      Hapus
  8. Reviewnya keren dan lengkap... dikasih rating pula... soalnya aku suka kalo ada ratingnya, hehe... bukunya juga kayaknya bagus... harganya ga dicantumin ya... kalo boleh dicantumin juga dong, gpp sih ga dicantumin soalnya lagi boke... g ada duit buat beli buku... btw, aku setuju tuh sama quotenya " Gue percaya, belajar itu butuh proses "

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...di gramed atau toko buku terdekat 50k bro.

      Bukunya bisa menginspirasi para pelajar :D

      Hapus
  9. Arghh.... Gue belom beli ni buku.... Di Gramed udah ada belom ya? T.T

    BalasHapus
  10. Saya paham mas maksud'a itu pelajaran favorit :D
    pelajaran paling disukai semua murid-murid itu wkwkw

    BalasHapus
  11. Wkwkwkwk... kalimat terakhir di ujung tulisan. Mencontek itu alternatif, benar-benar pemikiran yang kreatif bro. Buat perut jadi sakit gara-gara ketawa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seberapa pintar pun itu murid, pasti pernah nyoba buat nyontek :D

      Murid gak pernah nyontek? Dasar payah dasar lemah wkwkwkw

      Hapus
  12. lagi ngehits ya bukunya kevin

    Jadi penasaran semua isi bukunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya, daripada penasaran langsung saja sontek dari bukunya! ^^

      Hapus
  13. Balasan
    1. Wih penulisnya dateng kemari buat reply, makasih ko :)

      Terus berkarya

      Hapus
  14. Emang bener sih, kalo beli buku baru pasti wangi deh :) Hihii..

    Itu pelajaran favorit "pelajaran kosong"? Dan bener-bener dikosongin 2 halaman, gak sayang apa tuh kertasnya ya?Wakakak.. Tapi emang bagus sih, menarik, kreatif, ada gambar lucu-lucu nya juga, bikin betah bacanya..
    Ahh.. Jadi pengen beli kaann :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. pelajaran kosong maksudnya itu para pelajar itu seneng nya gak ketulungan kalo jam kosong, alias gak ada guru wkwkw :D

      Buruan beli, bukunya rekomended banget. Apalagi bukunya ditulis ringan ;)

      Hapus
  15. Gue punya buku Kevin Anggara yang pertama. Mau? Kalo mau beli di Gramedia bwhehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi nyari yang pertama, tapi dompet lagi kangker :(

      Hapus
  16. Aku...jujur pengen ngereview buku. Berhubung hidup anak kos itu keras dan duit hanya cukup bwt makan, jadi beli bukunya nunggu nemu duit sekoper aja
    Btw itu guru sangar ya boleh liat buku pas ulangan :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wohoo, dikumpulin aja dulu masbro hehe..

      sangar kebaikan gurunya wkwkw

      Hapus
  17. kayaknya ini recomended banget deh. Karena penulisnya seumuranku, aku ngerasa kalau kayaknya gak pantas baca ini buku. selain udah merasa tua, masa putih abu-abuku udah berlalu :(

    oh iya, Koala Kumal edisi tanda tangan, dapet enggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada salahnya bang, nostalgia nostalgia :D

      Hapus
  18. Gue juga punya tuhh buku. Sayangnya, bukunya kutang tebal. btw, kunjungin balik ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, gue rasa disana kurangnya. But bukunya ajib! :)

      Hapus
  19. Wah, udah ada yang kedua rupanya. Nungguin di gramed aja deh.

    Btw, review-nya bagus, Fif :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah available di gramed, kak.

      Hehe thankyou kak :)

      Hapus
  20. Anjrit, pelajaran favoritnya pelajaran kosong. Bener-bener kosong tuh. Bisa ngerasa keren gitu ya kalo udah punya bukunya duluan. Pengen banget sih sebenernya beli online kayak gitu. tapi gak pernah, gak punya rekening. Btw, review nya baguss..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelajaran yang disukai umumnya para pelajar :D

      Makasih bang bro! :D

      Hapus
  21. kayanya menarik ya buku ini...
    beli dimana?
    n harganya berapa?
    kayanya isinya ada gokil2nya
    kali aja cocok buat adek saya...

    BalasHapus
  22. Wah gan irtu Udah Keluar, yang buat nya bang kevin kan ? dulu juga gue udah baca buku pertamanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah masbroo, gue yang buku ke dua ini udah, yang pertama belum :v

      Hapus
  23. Waduuuhhh gue kayaknya ketinggalan berita ada buku bagus. Gue udah nggak sekolah sih, tapi kayaknya lucu juga buat mengenang masa sekolah dulu. *meluncur ke toko buku*

    BalasHapus
  24. Waduuuhhh gue kayaknya ketinggalan berita ada buku bagus. Gue udah nggak sekolah sih, tapi kayaknya lucu juga buat mengenang masa sekolah dulu. *meluncur ke toko buku*

    BalasHapus
  25. wihh keren dapet yang tanda tangan :D
    Diliat dari covernya ajasih emang udah keliatan asik banget tuh buku \m/ sayangnya aku belum punya, efek duit jajan yang abis gatau kemana nih ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi bukunya memang keren lhoo!

      nabung ayo nabung :v

      Hapus
  26. buku yang sepertinya biasa-biasa saja menjadi sangat luar biasa setelah di reviuw blogger keren ini teh deh...mantep mang bukunya

    BalasHapus
  27. keren review bukunya, kayaknya bukunya bagus. Bau bukunya gimana? Saya pernah nemu buku bau kertasnya wangi. Sepertinya di dalam bukunya banyak ilustrasi gambarnya, mungkin supaya tidak jenuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bau buku seperti biasa, wangi kertas :3 lumayan wangi lah :D

      Bukunya membuat orang yang jenuh jadi santai karena tulisannya ringan :)

      Hapus
  28. aduh saya ketinggalan ada buku baru,, tapi g papa saya langsung beli deh sekarang. hehe

    BalasHapus
  29. Di saat orang-orang bilang pengen beli bukunya Kevin Anggara, gue cuma pengen bilang, fif, tunggu gue bisa bikin buku dan lo harus beli :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan gue cuma mau bilang, bikin naskahnya sekarang, dan kalo udah jadi buku gue bakalan beli! :v

      Hapus
  30. ketinggalan belum beli -___-

    BalasHapus
  31. untuk sekarang lagi nggak tertarik baca buku jenis beginian nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoho kumpulin semangatnya broh buat baca yang ginian, gak ada salahnya kalo baca ini :3

      Hapus
  32. huaaa jadi penasaran sama buku keduanya kevin :D

    BalasHapus
  33. hmmmm... sudah kuduga...

    buku2 kyk gini biasanya ditulis secara kocak, n kyknya student guidebook for dummies 2 ini keren. terutama yg bagian yg sengaja dikosongin tuh. yg bagian pelajaran favorit. itu kayaknya secara tidak langsung mengajak pembaca untuk ikut menuliskan kisahnya mengenai pelajaran favoritnya masing-masing. makanya dibiarin kosong. keren! bisa dicontoh oleh penerbit buku lainnya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga dibuat ide kita di baba yang dikosongin itu, dan juga menurut gue idenya itu kan "Pelajaran Favorit", yang namanya pelajar suka sekali yg namanya pelajaran pelajaran favorit a.k.a pelajaran kosong/jam kosong :v

      Hapus
    2. yup. kreatif pokoknya yg bikin bab pelajaran favorit di buku student guidebook for dummies 2 ini jadi laman kosong.

      haha.... pelajaran favorit mah tetep aja kalah sama jam kosongg

      Hapus
  34. Weleh weleh :v keren jdi kepengen beli ntuh buku :v duit mana duit mana? :v

    BalasHapus
  35. Wah gue baru tau kalau kevin angaran juga, udah nerbitin bukunya. kalau diliat dari kumpulan video-videonya sih kocak abis, jadi penasaran nih sama bukunya, apakah sekocak videonya gak ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut gue sama kocak nya gan sama videonya, langsung saja beli bukunya buat cari tau :D

      Hapus
  36. hmm, jadi makin penasaran. kalau dari covernya sih emang gue kurang suka. lebih suka yangg pertama.
    kalau dari tulisan sama ilustrasi, kayaknya oke banget nih yak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang wafer eh kover yang kedua ini kurang sreg menurut gue, bagusan yang pertama. Tapi tulisannya keren, gak tau deh perbandingan tulisan sama buku yang pertamanya doi :D

      Oke begeteh bang :v

      Hapus
  37. Aku juga suka sama bau buku nih. Cie kita samaan :D

    Pengen banget beli bukunya. Tapi gara-gara nggak ada pemasukan pas liburan ya gini, nggak ada uang buat beli. Kayaknya perlu jual ginjal biar bisa dapetin nih buku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cie cie kita jodoh, EH!

      Setelah buku yang kedua ini, buku pertama kevin segera cetak ulang. Tentunya gue pengen baca juga yang pertama, tapi pemasukan pas libur itu sama sekali gak ada alias 0 %. Nunggu lebaran dulu deh -_-

      Hapus
    2. Kalo beneran jodoh lumayan nih, bisa pinjem bukunya :))

      Hapus
  38. Hmmm . . gue malah belom baca bukunya Kevin yang pertama . . duhh gue sebagai blogger merasa berdosa kayaknya kalo belum baca bukunya dia . .
    Tapi apadaya, keuangan lagi kembang kempis . . :'(

    Pinjem dong fif . . *Melas manja*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bang sama gue, abis beli buku ini uang gue habis deh :( huaaa tapi, sebanding lah dengan bukunya yang kedua ini :D puas gue baca ini bang, tapi kurang tebel gitu -_-

      Hapus
  39. Asik tuh buku kayaknya, gue baru denger karena gue ini kudet banget sama yang namanya buku-buku nonfiksi komedi yang baru, hehehe... btw, walaupun gue belom pernah baca bukunya, kayaknya gue tau pesan yang mau disampein buku ini lewat review lo ini.

    kalimat "Jika kamu menilai ikan dari caranya memanjat pohon, ikan itu akan selamanya merasa dirinya bodoh" juga udah pernah gue denger dari Mesakke Bangsakunya Pandji pragiwaksono 2 tahun lalu, tapi keren dah reviewnya.. bikin gue penasaran sama bukunya :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hohoho, makasih bang. Keren abis dah bukunya, gue jamin, gue beri asuransi dah :v

      Hapus
    2. Buset dah... bukunya sampe diasuransiin, tajir amat lu tong.. :v

      Hapus
    3. Maksudnye kalo bacaan ini gak keren, duit asuransinye gue kembaliin lagi :vwakaka

      Hapus
    4. Garansi sama asuransi itu sama ya? -_-

      Hapus
    5. Eh maksud gue pertamanya garansi wkwkw

      Hapus
  40. Gue tau tuh Kevin Anggara. Tapi mau beli bukunya kira" udah nyampe sini blom ya... Belom lagi kabarnya gramed di kota gue pindah dan gue belum tau pindahnya dimana...

    Ntar ajalah sekalian nunggu uang naik dulu, bulan ramadhan pasti banyak acara soalnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udeh bang, udah tersedia katanya di gramed.

      Nunggu THR juga bisa bang, pas lebaran aja beli buku ini :3

      Hapus
  41. Memang anak ajaib ya si Kevin ini, di usianya yang baru segitu, doi udah nelurin dua buku. Keren..
    gue sendiri nge-jadiin dia sebagai salah satu inspirasi dan motivasi gue dalam hal tulis menulis, kaya pocong, shitliciious, dll.
    review nya santai, gue suka, bro!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget bang, Bang Alitt sama kevin juga jadi inspirasi buat kelarin naskah yang udah merengek-rengek minta di kelarin -_-

      Reviewnya santai karena bacaanya santai jugaa ^^

      Hapus
  42. Kevin Anggara emang anak muda yang keren abis deh. Kreatif banget doi. Kabarnya waktu pre order baru beberapa hari, bukunya langsung jadi best seller di toko buku online. Sejajar sama buku "Ayah"-nya Andrea Hirata. Gokil!

    Enak banget ya lu udah dapet bukunya duluan. Sementara gue, ke toko buku aja belom :(

    Reviewnya asik bro. Lengkap dan bersahabat. Keren

    BalasHapus
  43. mantep tuh pas pelajaran kosong. catetan dalem bukunya juga kosong semua haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jam kosong yang disukai semua pelajar wkwkw

      Hapus
  44. Kevin Anggara memang produktif banget. Udah ngeblog, jadi yotuber lagi. Video-videonyanya di Instagram juga bagus, kalo yg diyutub kebanyakan kompilasi sih. Gue yang baru ngeblog doang udah gak konsisten :D

    Semua itu butuh proses. Pendidikan kita memang mementingkan nilai, makanya bakat siswa sering terpendam karena gak ada ekstrakurikuler yang sesuai sama minat dan bakatnya. Semoga guru-guru membaca buku Kevin jadinya lebih mengerti kemauan siswa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget bang, di Indonesia nilai di nomer 1 kan, padahal siswa kan gak bisa di paksain buat memahami satu pelajaran yang enggak dia suka, siswa itu punya kemauan sendiri, dan gak boleh di paksa2 :)

      Hapus
  45. Keren fif reviewnya. Emang si Kevin itu suka bikin iri, suka bikin termotivasi juga tapi. Dari seumur dia udah produktif banget, gue pingin punya hidup yang mendukung gue untuk melakukan kayak dia. Buat calon pendidik yang tersebar luas di Indonesia, tolong baca buku ini untuk mengerti kemauan siswa Indonesia, tapi tetep aja, kalau ada yang salah dengan siswa, kita harus mengarahkannya kembali ke jalan yang BENAR. Ha Ha Ha.. #uhuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih bang, udah seharusnya buku ini jadi buku utama Kurikulum 2013 :v

      Hapus
  46. Luar biasa orang yang satu ini. Meski masih muda, tapi produktif abis.
    Lembarannya ngingetin sama Benabook :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi semangat lagi nulis karena anak muda yang satu ini! :)

      Hapus
  47. ada buku baru nih mas :) langsung ke gramed ini mah nyari bukunya :D ada engga yaaaaaah?

    BalasHapus
  48. Pengen sih pengen ini buku, cuma lagi bokek bangg

    BalasHapus
  49. Saya ucapkan terima kasih informasinya, semoga informasi yang Anda berikan bisa menjadi infomrasi yang bermanfaat dunia dan akhirat

    BalasHapus
  50. Aku udah baca buku ini juga.
    Ilustrasinya kece. Perpaduan warnanya juga bikin buku ini makin asik dinikmati xD

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, mari berdiskusi

-Muhammad Afif

Postingan populer dari blog ini

Review: Gatsby Styling Pomade Supreme Hold, Gaya Pompadour!

Kayaknya udah gak perlu lagi ya gue jelasin panjang lebar tentang barang yang satu ini. Sebuah benda yang telah menjadi barang penting bagi kaum adam modern. Abis mandi keringin rambut pake handuk, tinggal pake deh barang yang satu ini. Pomed sih gue nyebutnya. Ah percuma juga kalo gue jelasin lebih dalam lagi. Yuk langsung ajadeh gue review. Kali ini gue akan menuliskan review Pomade dari Gatsby, yang sebelumnya gue juga pernah menulis review tentang pomade keluaran Gatsby. Ya ini adalah kedua kalinya gue akan mereview pomade. Pomade emang barang penting bagi cowok-cowok sosialita (gak cewek aja yang sosialita) pada jaman sekarang. Rasanya kalo siap mandi gak pake ini ada yang kurang gitu. Nah alasan mengapa cowok-cowok banyak make pomade adalah karena ingin rapi a.k.a klimis. Kalo rambut udah di pakein sama pomade, berantakan sedikit, tinggal keluarin sisir dari saku celana, sisir deh, dijamin klimis lagi! Baca juga  Review Gatsby Styling Pomade, Supreme Grease

Review Produk: Gatsby Styling Pomade

Hello gans, assalamu'alaikum ^-^ Gimana kabarnya? Sehat? Alhamdulillah deh kalo gitu. Kali ini gue bakalan nulis hal yang gak biasa banget gue tulis di blog. Postingan ini anti mainsentrum (baca mainstrim) banget deh. Soalnya kenapa? Gue bakalan nge-review alat gaya rambut (alaah bahasa gue), yang lagi nge-trend saat ini. Yak, Gatsby Styling Pomade! Oh ya sebelum gue lanjut nge-review, ini adalah pertama kali gue nge-review suatu produk, jadi kalo ada yang kurang dari penilaian gue, mohon maaf aja yak, wajarlah masih nubie dalam dunia per-pomadean. HAHAHA! *** Yuk daripada ketawa jadi gila, mari kita review merk pomade yang made in Indonesia ini : Pertama, produk ini di produksi oleh PT. Mandom Indonesia, well produk ini asli Indonesia. Inilah salah satu cara gue mencintai negara sendiri dengan membeli produk buatan dalam negeri. *Ceilahh*. Awal pertama kali gue tau pomade ini, ada temen gue yang make pomade ini, lalu dia merekomendasiin gue buat make, lal

Youtubers Indonesia Favorite Gue

Whats up? Pada kali ini... Sebelum gue melanjutkan, gue denger-denger lagi ada teror di ibukota Prancis, Paris ya. Katanya ada teror bom gitu di sekitar kota Paris. Semoga gak ada apa-apa dan WNI yang ada di sana gak kenapa-kenapa dalam keadaan sehat wal'afiat. Amin... #PrayForParis *** Youtube. Ya, Salah satu platform yang digunakan banyak orang untuk mengunggah video-video yang dibuatnya. Siapa pun, umur berapa pun, dan gak kenal status, dapat menguggah video terbaiknya ke Youtube. Asal punya akses internet *yaiyalah*. Lambat laun, perkembangan Youtube sangat cepat sekali. Mulai dari video pertama yang ada di youtube yang berjudul "Mee at the zoo" yang diunggah oleh nama pengguna "jawed" yang sekaligus salah satu pendiri Youtube, Jawed Karim , dan hingga saat ini, mungkin bisa ditaksir ada jutaan lebih video yang ada di Youtube. Wow. Bicara tentang video yang ada di youtube, tentu dibaliknya ada seorang pengunggah video tersebut. Ada berbagai macam