Langsung ke konten utama

Sekelebat Kisah Tentang Stand Up Comedy

Pernah membayangkan jika kita di dunia ini, telah ditakdirkan untuk tak bisa tertawa lepas? Tak bisa menertawakan sesuatu hal yang orang anggap sangat lucu, tetapi diri kita menganggap hal itu biasa biasa saja.

For me, its big creepy. Mengerikan

Alhamdulillah, semenjak gue di karantina di surga sebelum gue di tempatkan di dalam perut nyokap, lalu akhirnya gue dinas di perut nyokap, lalu keluar. Gak langsung tertawa, tapi nangis dulu. Lambat laun gue pun berkembang sampe gue segede ini, gue dapat merasakan dan melakukan hal yang simple, tapi jika kita melakukannya membuat diri enjoy; Tertawa

Ketawa. Laugh. Galak (Galak itu bahasa Minangnya ketawa)

Menertawakan sesuatu itu indah, menertawakan hal yang kita anggap lucu dapat memberikan energi positif, bagaimana tidak, kita menjadi enjoy, melupakan masalah yang bertubi-tubi menghadang kita. Hidup pun senang, hidup pun riang. Dan gak hanya itu, kita dapat menertawakan mantan yang nyesel mutusin kita dan nertawain hal yang gak lucu sama sekali. Diharap 2 hal yang ditertawakan terakhir gak perlu dicontoh. Don't try this at home!

Ngomongin soal tertawa, sekarang media kita untuk tertawa lepas sudah banyak menjamur. Mulai saat ini kita bisa melihat komik komik menghibur macam si Juki dan kawan-kawan, sang legendaris Warkop DKI yang masih bisa kita lihat di layar televisi, ketawa sendiri aja sampe-sampe dikira orang gila, dan masih banyak lagi

Untuk kali ini, iya kali ini, bukan Kali Ciliwung, gue akan membahas tentang salah satu hiburan masa kini yang mulai eksis di tahun 2011, yang membuat gue ketawa ketiwi kalo liat di youtube, Stand Up Comedy!

***

Stand Up Comedy Indonesia yang memiliki jargon "Let's Make Laugh" adalah ajang kompetisi yang diikuti oleh para komika (pelawak tunggal) yang sebelumnya telah dilakukan audisi di seluruh wilayah Indonesia tercinta. Nah setelah di audisi barulah para komika mengeluarkan aksinya demi penonton ketawa di panggung yang sesungguhnya.

Gue mengenal SUCI bisa dikatakan telat, kalo gak salah pertengahan 2013 barulah gue dengan acara lawak monolog ini. Pertama kali gue tau SUCI yaitu pas nonton Stand Up Comedy Battle of Comic di MetroTV. Setelah gue tonton, dan gue hayati, ini acara juga seru juga yak, bikin diri enjoy di kala stress. Gue pun mulai mengenal lebih dalam tentang Stand Up Comedy Indonesia.

Kalo ada panggung Stand Up Comedy, pasti di dalamnya juga ada komika yang siap menghibur. Apa jadinya kalo di panggung tersebut tidak ada para komika? Hambar. Nah peran komika disini sangat vital. #Lah kan emang iya

Ngomongin soal komika, pasti kalian semua telah banyak tau siapa-siapa saja komika yang ada mulai dari SUCI season 1 sampe 5. Gue kenal tuh siapa lagi kalo bukan Raditya Dika, kayak nya kalian semua udah tau deh siapa dia, gak perlu gue jelasin lagi. Dzawin Nur Ikram, juara tiga SUCI 4 yang lulusan pesantren, Indra Frimawan, runner up SUCI 5 yang sering ngelawak mind blowing, dan akhir akhir ini komika ini cukup aktif di dunia entertaint negeri ini, Rizky Firdaus Wijaksana e ke e Uus. finalis SUCI 3. Walau tidak juara pada season SUCI 3 tetapi dia membuat gebrakan dan malah aktif di dunia hiburan tanah air.

Apa yang menjadi keunikannya?

Rizky Firdaus Wijaksana yang biasa dipanggil Uus menarik perhatian gue pada akhir bulan tahun 2015 lalu. Pas pertama kali melihatnya di tayangan stand up di MetroTv. Yang menyita perhatian gue yaitu intro dia sebelum masuk ke materi stand up nya. "What's up? What's Down. Hablumminannas Hablumminallah" sambil mengangkat tangannya ke atas dan kebawah.

Keren juga nih intro nya, pake bahasa inggris.

Lanjut ke pembawaan materi yang telah gue pernah liat, Uus membawakan materi dengan enjoy, dibawakan dengan sesedikit tersenyum ngeh. Menurut gue ya pembawaan materi Uus itu agak sedikit bernada lebay, tetapi menurut gue lucu, nah pada bagian yang agak sedikit "lebay" itulah letak punchlinenya Uus. Coba deh liat stand up nya di youtube. Dan Uus kalo membawakan materi, kita harus memahami setiap kata yang dia ucapkan, agak rada mind blowing juga, tetapi kalo kita paham, pasti kita tergelak tawa. Berarti Uus membuat kita berpikir lebih keras untuk memahami apa yang di sampaikannya.

Saat pertama kali gue melihat Uus di tv
Nah balik lagi ke intro pria kelahiran Bandung yang menggunakan bahasa inggris, ternyata oh ternyata dia alumni Unpad jurusan Sastra Inggris. Pantesan di setiap pelafalan kata bahasa inggris udah pas banget, kayak ke inggrisan gitu. Postur tubuh yang lumayan jangkung yang hampir 190 cm ini membuat dia hobby basketan. Yang awalnya pengen jadi pemain basket profesional, akhirnya terhenti karena cedera.

Berikut adalah salah satu video stand up Uus yang terkocak versi gue:


Pas uus yang lagi nge host di suruh babe cabita buat stand up
Dengan masuknya Uus, komika favorit gue berjumlah 4 orang sekarang:
Radit - Dzawin - Indra - dan yang terakhir Uus

Itulah sekelebat kisah tentang Stand Up Comedy. Tayangan yang satu ini mampu menghibur masyarakat Indonesia yang menontonnya. Komedi yang berkualitas tak perlu dengan main kasar kasaran, menghina yang terlampau menyakiti perasaan. Dengan tayangan stand up comedy ini aja menurut gue adalah komedi yang berkualitas, tanpa melakukan hal-hal yang gue sebutkan tadi. Hidup Stand Up Comedy! Hidup komedi berkualitas!

Kapan lagi kan buat ngetawain hal yang dianggap pantas untuk diketawain? Sebelum ketawa itu dilarang


"Suatu hari tanpa gelak tawa adalah suatu hari yang sia-sia." -Charlie Chaplin

Komentar

  1. Intronya menarik nih, ya katanya sih ketawa bisa bikin kita lebih muda dan sehat, comedy warkop emang komedi sepanjang hidup deh .. mau ditonton 50 taun kedepan juga masih lucu tuh ..

    Wiiii, fans UUs nih, muehehe ..
    keren kalo uus mah, eliminasi pertama di Suci 3. tapi malah lebih terkenal dari peserta lain, bahkan teknik dia berstand up katanya Raditya Dika tuh nggak ada di pakemnya ..
    Jadi udah keluar jalur, dan hanya Uus yang bisa sih ..
    Btw, taun ini katanya dia mo nikah lohhh ..
    bahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha yoi gue fansnya UUS :D

      Uus itu unik, gaya ber standup dia gak ada orang lain yang punya. Uus mau nikah? Ya bagus dong :3

      Hapus
  2. Wihiiii, dia ikutan. Asyek. Makasih sebelumnya. :D

    Oalah, jadi Uus ini komika favorit? Buahaha. Dia awalnya garing menurut gue, tapi berkat konsistensinya, dia jadi lucu banget. :))

    Gue pernah sekali nonton live, dan itu petjaaaah abes. Dia justru jadi lebih sering tampil dibanding yang lain, ya? Karena juara bukan segalanya. Eaaakkk. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue nepatin janji lu kan bang? :)

      Iya sih liat video stand up nya yang pertama kali, agak lumayan garing. Nah bener, konsistensi membuatnya sukses dan makin lucu sekarang :D

      Yah gue belum pernah nonton langsung :(((

      Hapus
    2. Wah ini ikutan GA km yah. Ini keren Yog artikelnya.

      Hapus
    3. Wah ini ikutan GA km yah. Ini keren Yog artikelnya.

      Hapus
  3. Wiih idolain uus. Btw gue udah suka sama si Uus dari zaman-zamannya dia masih kuliah, projek "kamis menanti" anak unpad emang gokil. Coba deh liat, disitu bakat plesetan Uus mula terasah. hahaa

    Tapi kalau lagi stand up, berasa garing sih dia. Tapi kalau lagi berdua, ngobrol, komunikasi lucunya kebangetan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Project "kamis menanti" anak unpad itu semacam komunitas stand up unpad ye bang? Rada kagak ngerti -_-

      Hapus
  4. Indraaa. Kusuka Indraaaaa. :')
    Materi absurdnya ituloh. Suka! Bikin dia terlihat beda. Cakep pula. :3
    #dasarcewek -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indra gue juga suka, Comedy mind blown. Orang ketawa dia malah gak ketawa

      Cewek tidak bersalah~

      Hapus
    2. Suka Indra juga? Tembak gih, Fif. :( aku rela kok kalo kamu sama dia. :(

      Cewek selalu benar?

      Hapus
    3. Gak deh, buat kak rim aja. Aku lebih relaa #halah

      Sangat dan selalu benar

      Hapus
  5. us us apa uus? oh uus
    menurut gw yah, personanya yang lebay ituloh yang bikin dia konsisten sampe sekarang
    jadinya dia punya ciri khas sendiri
    ternyata juara itu bukan jaminan buat ke depannya ya om

    BalasHapus
  6. Gue juga bisa termasuk telat mengenal stand up. Tapi, kalo masalah teknik stand up gue banyak tau juga.

    Uus adalah komika yang pertama gue liat dia stand up, gue langsung bilang,"Lucunya dimana yah?", tapi, lama kelamaan, gue jadi ngerti, dan petjah abis.

    Untuk jagoan gue sekarang sih: Radit, Yudha, Cemen, Uus, Arie, dan Ernest~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sih, tapi gue selalu liat tuh stand up terbaru di youtube, jadi gak terlalu ketinggalan amat

      Hapus
  7. iya bener banget tertawalah sebelum tertawa itu dilarang

    BalasHapus
  8. Gue juga termasuk telat nih bang, yg pertama gue lihat si bang raditya dika,, maestronya komika deh.. liat dia diem aja bisa bikin gue ngakak..hhehe

    Klo gue si maaf nih bang.. belum sependapat dengan UUS.. terkesan lebay klo ngomong.
    Gue lebih suka dodit mulyanto bang. Ngakak banget. Gue dulu sering liat waktu di SUCI. Pokoknya the best lah. Hhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hohoh perbedaan pendapat itu gak ada salahnya, itu wajar. Bhinneka Tunggal Ika! :D

      Hapus
  9. Aku gak pernah liat stand up comedy #gakpunyatv dan gak tertarik buat liat. Sekali liat live, kecewa banget banyak vulgarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah...seru kok stand up comedy indonesia, yaa kan gak selalu vulgar yang dibahas

      Hapus
  10. Pertama denger uus stand up dulu, gue nggak ngakak. Pernah berpikir, ini materi apaan sih, nggak ngenakin buat ngakak aja. Tapi lama-lama kelamaan, makin kesini gue jadi paham materinya dan cara nyampeeinnya emang uus banget. apalgi aksi panggungnya yang kadang-kadang ngga ketebak wkwkwkw....

    Sekarang uus jadi mc acara musik pagi kan yak?
    Keren...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, uus keknya selalu memperbaiki kesahalan yang doi perbuat. Lalu menampilkan yang terbaik

      Hapus
  11. UUS Eliminasi pertama tapi lebih terkenal. Wow, keren dia. kadang emang terkesan garing dan lebay, buat yang enggak nangkep, tapi kalo yang bisa nangkep itu lucu. Keren lah untuk komika-komika. Bikin orang ketawa itu enggak gampang. Semoga Stand up comedy di Indonesia makin jaya.

    BalasHapus
  12. ooo galak bahasa minangnya ketawa? :o baru tau gue.
    dan emang yah tiap komik punya ciri khasnya masing masing, dan menurut gue si uus ini keliatan bgt kalo dia orangnya cerdas. Tapi favorit gue sih tetep ya Ryan Adriandhy <33

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ryan Adriandhy komika SUCI 1 kan? Gak terlalu ngikutin suci pertama hehe...

      Hapus
  13. Emang banyak banget acara komedi sekarang. bahkan hampir setiap acara di Tipi pasti mengandung unsur komedo eh komedi maksudnya.

    Jujur saya baru tau Uus gara-gara postingan ini hahaha
    Saya juga mengakui bahwa acara komedi juga ada manfaatnya, asal jangan sampai keterlaluan.
    Saya dulu malah taunya Raditya Dika itu cuma penulis aja. Karena saya juga termasuk orang yang telat kenal sama stand up comedy
    Menurut saya apapun jenis komedinya, yg penting bisa bikin orang ketawa. Jangan sampai yang lihat malah bingung "Dia ngelucu ? apa pengen gua timpuk pake kubah mesjid" lah kan repot kalo kaya gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Raditya dika memang orang pertama yang gue katahui kalo dia orang yang mempopulerkan stand up comedy di indonesia, lalu lambat laun diikuti komika komika lainnya

      Hapus
  14. kelakuan bang uus emang gokil sering macing gue ngakak hhe. eh bang ernest keren juga loo fif? stand up menghibur gitu. coba nanti di review hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang sih, gue udah baca buku ernest yang sebagian babnya materi doi pas lagi stand up

      Hapus
  15. Oh, postingan ini untuk ikutan GA di blognya Yoga. Gue sempet baca juga kemaren.

    Kalau gue sih, udah lumayan lama kenal dengan yang namannya stand up ini. Gue masih ingat banget, waktu itu metro tv yang paling sering ngadain acara ini. Tv yang laen mah masih belom ada. Waktu itu indosiar masih hits dengan naga naga terbangnya itu.

    Kalau komik yang gue suka, Dzawin, babe, pandji. Tapi yang paling gue suka itu, Pandji pragiwaksono. Selalu ada sesuatu yang di selipkan, kalau dia lagi stand up. Demen banget gue.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue baru tahu kalo panji itu seorang komika -_-, panji juga jago ngerap juga gue liat di youtube

      Hapus
  16. Ini GA toh? Pantesan banyak yang nulis tentang stand up comedy, hehe.
    Semoga dapet yang terbaik, deh.

    Kalo favorit gue tetep: Soleh Solihun :'D

    BalasHapus
  17. Pertama kali tahu tentang stand up comedy itu dari penampilan dodit mulyanto waktu itu nontonya di youtube, lucu banget sih walaupun dia cara pembawaanya itu kalem bikin nabok wkwk terus sekarang jadi booming deh tiap televisi mengadakan stand up comedy :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dodit itu salah satu komika yang unik, karena di sebagian penampilannya memakai biola gitu, keren dah.

      Hapus
  18. Kalo gue, sih. Yang paling kamfret Indra Frimawan sama Dzawin. Gue lumayan suka sama cara mereka membawakan meteri. Si Indra yang kelihatannya grogi dan sok Cool, tapi selalu buat penonton ketawa dengan gayanya yang sok gitulah. :D

    Terus, kalo Dzawin gue suka sama Intronya juga. NGomongnya udah kayak Peluru Sniper, cepet banget. Tapi dia bisa menyebutkan dengan jelas. :D

    Kalo soal UUS, bener katanya Yoga, ini awanya dia malah gak gue kenal. "INi orang siapa sih?" Lebay agaknya kurang tepat. LEBAY tepatnya. Soalnya, emang dia itu lucunya karena lebay, kalo enggak. Ya gitu, garing. "Krik-krik-krik."

    Btw, quote terakhirnya nice. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indra memang gitu orangnya, cool gimana gitu. Penonton ketawa karena materinya, lah dia yang bawain materi gak ketawa :v

      Thanks pangeran..

      Hapus
  19. kalo uus awalnya aku gak suka, sering juga aku gak ngerti yang dia sampaikan.
    eh sekarang malah semakin sering liat di tv malah sering bikin ketawa.
    hebat dia walaupun bukan juara tapi bisa terkenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perjuangan yang kek gini nih yang patut kita tiru, yang awalnya gak lucu, akhirnya jadi lucu. Uus mencoba untuk selalu mencoba berdasar kesalahan yang ia perbuat

      Hapus
  20. kayaknya uus tuh udah nggak lumayan jangkung, itu udah jangkung banget hehehe... sekarang udah hampir semua tivi swasta yang pake acara stand up comedy, bagus emang sih tapi makin kesini kualitasnya jadi agak kurang kalo menurutku.

    BalasHapus
  21. Uus juga linter ya kayak mlencengin apaaa gitu jdi apaa..jadi kayak instan aja gitu emng puhya sense of humor yang tinggi...gue juga suka dzawin..kalo gue sukanya raditya, dodit, sma si anak smk itu namanya sapa ya lupa gue. Bikin idup jadi nggak serius serius amat.

    BalasHapus
  22. Ngelihat Stand up comedy memang sangat menghibur tapi berisi. Isinya itu yang kita tunggu-tunggu. Apalagi nih yang bakal dibahas.
    Ketawanya dapet banget, sindirannya kanyang banget. Hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, standup comedy udah jadi acara hiburan abad ini

      Hapus
  23. Baru lihat ada yang begitu, rebahan comedy.. :)

    BalasHapus
  24. gue pernah ngeliat uus langsung, tapi bukan standup.. dia jadi host gitu bareng babe. dan jadi host aja lucu yak dia. klau gue jagoan suci 3 fico.. suci 4 pastinya dodit.. suci 5 nggak terlalu ngejagoin, soalnya emang rata bagus. si indra emang suka mindblowing, bit paling favorit gue dari indra itu pas dia ngerosting indro warkop :")

    BalasHapus
  25. Wah fansnya UUS nih, gue sendiri juga emang suka sama logatnya, unik banget dia. Tapi komika favorit gue dari dulu sih Ge Pamungkas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ge Pamungkas udah eksis selain di dunia stand up comedy, terakhir gue liat main pilem Ngenest nya Ernest Prakasa

      Hapus
  26. Raditya Dika lah yang paling unpredictable! Hehe lawakannya itu gak basi banget! Anti mainstream gimana gitu...

    -jevonlevin.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Radit mah udah keren dari dulu bro, sekarang dia masih bisa mempertahankan keeksisan walau banyak komika komika muda yang muncul

      Hapus
  27. Anjayy
    gua ga terlalu faham sama standup comedy, yapi kalo suruh nyebutin favorit gua, uus salah satunya.
    Gimana dia kadang gak lucu, tapi jayus aja kelakuannya. dan bener, apa yang dia lawakin bener-bener bikin mikir.
    dan itu bagian kerennya.
    dengan bisa bikin orang mikir denger kata-katanya, menurut gua uus itu cerdas gitu. cuma gak sinkron aja sama kelakuan nya yang sama sekali gak cerdas.
    Tapi cuma uus yang bisa bikin gua ngakak parah pas nonton standup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. UUS salah satu komika cerdas setalah indra frimawan. IMO

      Ehe.

      Hapus
  28. Semoga ketawa nggak pernah dilarang....

    BalasHapus
  29. Kalau dari Uus yang paling saya ingat yaitu waktu dia stand up tentang tirex di Stand Up Comedy Academy. Suaranya bener mirip tirex haha. Tapi Uus bukan termasuk favorit saya.
    Comic favorit saya: Ryan, Gilbas, Abdur, Arie Kriting, Dzawin.
    Dulu sempat favorit sama Fico & Rahmet. Tapi sekarang udah nggak lagi hehe

    BalasHapus
  30. kalau masaah stand up, saya paling demen sama kang gegeh. Ekspresi mukanya bkin orang pengen nimpuk dia :D

    BalasHapus
  31. Dulu pertama kaliiii banget, pas lihat Stand Up Comedy itu di segment 1 minggu sebelum grand final API (Akademi Pelawak Indonesia). Dimana ada perwakilan 5 besar group (salah satunya Sule yang mewakili SOS) harus stand up. Habis itu... sepi. Nggak ada Stand Up Comedy lagi, untunglah sekarang udah jauh berubahhhh

    oya, mampir juga dong gan ke blog ane...
    Stand Up Comedy Orang Gila dari Belitung

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, mari berdiskusi

-Muhammad Afif

Postingan populer dari blog ini

Review: Gatsby Styling Pomade Supreme Hold, Gaya Pompadour!

Kayaknya udah gak perlu lagi ya gue jelasin panjang lebar tentang barang yang satu ini. Sebuah benda yang telah menjadi barang penting bagi kaum adam modern. Abis mandi keringin rambut pake handuk, tinggal pake deh barang yang satu ini. Pomed sih gue nyebutnya. Ah percuma juga kalo gue jelasin lebih dalam lagi. Yuk langsung ajadeh gue review. Kali ini gue akan menuliskan review Pomade dari Gatsby, yang sebelumnya gue juga pernah menulis review tentang pomade keluaran Gatsby. Ya ini adalah kedua kalinya gue akan mereview pomade. Pomade emang barang penting bagi cowok-cowok sosialita (gak cewek aja yang sosialita) pada jaman sekarang. Rasanya kalo siap mandi gak pake ini ada yang kurang gitu. Nah alasan mengapa cowok-cowok banyak make pomade adalah karena ingin rapi a.k.a klimis. Kalo rambut udah di pakein sama pomade, berantakan sedikit, tinggal keluarin sisir dari saku celana, sisir deh, dijamin klimis lagi! Baca juga  Review Gatsby Styling Pomade, Supreme Grease

Review Produk: Gatsby Styling Pomade

Hello gans, assalamu'alaikum ^-^ Gimana kabarnya? Sehat? Alhamdulillah deh kalo gitu. Kali ini gue bakalan nulis hal yang gak biasa banget gue tulis di blog. Postingan ini anti mainsentrum (baca mainstrim) banget deh. Soalnya kenapa? Gue bakalan nge-review alat gaya rambut (alaah bahasa gue), yang lagi nge-trend saat ini. Yak, Gatsby Styling Pomade! Oh ya sebelum gue lanjut nge-review, ini adalah pertama kali gue nge-review suatu produk, jadi kalo ada yang kurang dari penilaian gue, mohon maaf aja yak, wajarlah masih nubie dalam dunia per-pomadean. HAHAHA! *** Yuk daripada ketawa jadi gila, mari kita review merk pomade yang made in Indonesia ini : Pertama, produk ini di produksi oleh PT. Mandom Indonesia, well produk ini asli Indonesia. Inilah salah satu cara gue mencintai negara sendiri dengan membeli produk buatan dalam negeri. *Ceilahh*. Awal pertama kali gue tau pomade ini, ada temen gue yang make pomade ini, lalu dia merekomendasiin gue buat make, lal

Youtubers Indonesia Favorite Gue

Whats up? Pada kali ini... Sebelum gue melanjutkan, gue denger-denger lagi ada teror di ibukota Prancis, Paris ya. Katanya ada teror bom gitu di sekitar kota Paris. Semoga gak ada apa-apa dan WNI yang ada di sana gak kenapa-kenapa dalam keadaan sehat wal'afiat. Amin... #PrayForParis *** Youtube. Ya, Salah satu platform yang digunakan banyak orang untuk mengunggah video-video yang dibuatnya. Siapa pun, umur berapa pun, dan gak kenal status, dapat menguggah video terbaiknya ke Youtube. Asal punya akses internet *yaiyalah*. Lambat laun, perkembangan Youtube sangat cepat sekali. Mulai dari video pertama yang ada di youtube yang berjudul "Mee at the zoo" yang diunggah oleh nama pengguna "jawed" yang sekaligus salah satu pendiri Youtube, Jawed Karim , dan hingga saat ini, mungkin bisa ditaksir ada jutaan lebih video yang ada di Youtube. Wow. Bicara tentang video yang ada di youtube, tentu dibaliknya ada seorang pengunggah video tersebut. Ada berbagai macam