Langsung ke konten utama

Semua Berawal Dari Sana

Saat itu disaat gue lagi buka youtube nontonin vlognya Arief Pocong/Arief Muhammad, lalu di dalam video dia membahas tentang video nya Keenan Pearce dari channel axeindonesia. Video nya gue taruh dibawah:



"Hidup lebih berisi kalah atau menang, bertahan atau menyerah. Hal-hal yang membuat kita lupa segala yang besar datang dari sesuatu yang kecil, semua yang rumit berawal dari perkara-perkara remeh."

Kalimat dari Keenan Pearce di dalam video diatas yang gue kutip. Dan kalimat yang gue bold dan gue beri warna merah jambu lalu underline. Ada sesuatu yang pengen gue sampaikan....



***

Segala yang besar datang dari sesuatu yang kecil - Gue terhenyak juga mendengar kalimat ini. Percaya gak percaya, lo pasti setuju dengan kalimat ini. Kita contohkan saja seperti api yang lama-lama kecil, ketika besar bisa melahap puluhan rumah orang. Kita banyak belajar dari kalimat yang satu ini. Hidup kita berawal dari bawah, hidup berawal dari hal yang kecil. Kita diberi makan oleh orang tua sedikit demi sedikit, lalu yang sedikit itulah yang membuat kita menjadi besar seperti saat sekarang ini. Gak mungkin kita waktu bayi diberi makanan sepiring besar, kita itu bertahap. 

inspirably.com
Begitu juga dengan pencapaian kita selama ini, dalam menggapai yang kita inginkan, cita-cita maupun impian lainnya. Presiden yang duduk tegap di kursi 1 negara saat Indonesia ini dulunya adalah anak yang rajin belajar, dimulai dari bawah. Berkat kerja keras, tekun, dan rajin belajar tadilah yang mengantarkan ia menjadi Presiden dan menggapai mimpi-mimpinya. Ya itu tadi, segala yang besar datang dari sesuatu yang kecil. Gue yakin, apa yang terjadi dimasa depan adalah hasil yang gue perbuat sekarang ini. Gue nge-blog ataupun menulis-menulis pendek misalnya, dan mungkin tulisan gue belum seberapa bagusnya, tetapi berkat hal yang "kecil" seperti tekun dalam berlatih, selalu konsisten, dan pantang menyerah dalam menulis, mana tau kalian menemukan buku gue berjejeran di rak best seller di toko buku. Future? Who knows. Tetapi bukan hanya itu saja yang pengen gue implementasikan, hal-hal sederhana seperti belajar yang giat dan melakukan hal yang positif adalah hal yang katanya "kecil" yang pengen gue lakukan dan gue harap hasilnya "besar" di masa yang akan datang. Betapa pentingnya hal yang kecil ini kita lakukan, yang akan berdampak tidak langsung pada masa depan kita nanti. Ibarat kita nanem bibit jagung saat ini, kita rawat dan diberi pupuk, kita akan menunggu hasil yang bagus, tetapi kalo kita nanem dengan merawat asal-asalan, hasilnya pasti tidak akan bagus. Berleha-leha, malas-malasan dan tidak melakukan hal kecil yang bermanfaat, pastinya kita akan menuai hasil yang tidak baik nantinya. Segala yang besar datang dari sesuatu yang kecil, kata-kata yang sangat memotivasi gue.

Semua yang rumit datang dari perkara-perkara remeh - Kalimat ini beda tipis dengan kalimat yang diatas. Kita seringkali menganggap hal yang kecil tadi dengan remeh dan tidak melakukannya. Padahal kalo kita sungguh-sungguh untuk melakukan hal yang katanya remeh ini, pasti kita akan merasakan hal yang positif. Gue contohkan lagi seperti menulis blog, awalnya cuman nulis satu kalimat, terus berlatih, bisa mencapai 5 kalimat, dan sampai seterusnya. Intinya niat sih untuk melakukan hal yang remeh tadi dan akan mencapai hal yang besar nantinya. Kita sering menganggap kalo hal yang remeh tadi tidak berarti apa-apa, tidak mempengaruhi kita. Tetapi itu semua akan terjadi di masa depan, tidak sekarang. Jadi, lebih baik kita lakukan hal yang remeh itu dan mana tau hasilnya sangat memuaskan.

Justru karena ini hal kecil, jangan sampai dia meremehkan suatu hal. Sekecil apapun -Ahmad Fuadi

Gue pun tidak tahu apa yang terjadi dengan masa depan gue nantinya, bagaimana pendidikan gue, bagaimana pasangan, bagaimana keuangan gue nantinya. Tetapi yang terus bakalan gue lakuin adalah melakukan aktifitas yang sesuai dengan passion gue dan akan belajar dari 2 kalimat diatas. 

Semua berawal dari sana.....

Komentar

  1. Pembelajaran banget postingan yang ini. Sama hal nya kayak uang kecil atau uang receh. Kalau dikumpulin duit recehan kecil kecil pasti lama lama juga bisa menggunung dan jadi banyak. Sesuatu kecil jadi besar :D

    willynana.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. yapp bener jangan sesekali meremehkan hal kecil :D

      Hapus
  2. iya, kadang orang maunya instan dan mencari peluang yang besar, padahal hal yang sederhana bisa jadi peluang besar bila ditekuni dengan proses ang benar dan niatan yang tulus

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. yes bener banget. sesuatu yg besar semuanya dari hal kecil. sedikit demi sedikit lama lama mnjdi bukit

    BalasHapus
    Balasan
    1. ungkapan yang sering diucapkan kepada anak anak nih :D

      Hapus
  5. Rasanya kena banget tuh yang dari hal remeh jadi rumit.
    Kalau dipikir ini gak cuma berlaku buat sesuaty yang positif, yang negatif juga bisa ya xD

    BalasHapus
  6. Gak ada yang instan di dunia ini. Klo emang ada, gak akan kekal bertahan pada puncak.

    Keren fif, postingan lo ini. :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. mie yang mudah buatnya aja harus dimasak dulu :D

      Hapus
  7. Intinya just do it, lakukan segala sesuatu selagi itu masih hal yang positif. :)

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. makasih bro. postingan yang cukup inspiratif :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bro kunjungannya dan telah baca tulisan ini

      Hapus
  10. Termasuk posting-an ini, hanya berawal dari sebuah "motto" tapi mampu menguraikan dengan baik dan memberikan inspirasi. Cool! http://goo.gl/HpIv4y

    BalasHapus
  11. baca ini, hatiku bener-bener langsung tersentuh banget..
    terkadang memang kita tidak sadar kalau sesuatu yang besar itu dimulai dari hal yang kecil..

    BalasHapus
    Balasan
    1. apapun, sekecil apapun, harus kita lakukan secara konsisten, itulah yang akan membuat besar nantinya

      Hapus
  12. gue lebih sering ngalamin yang ngeremehin masalah kecil. eh tau2 jadi masalah gede. bahaya bener tuh :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah maka dari itu kita gak boleh meremehkan hal kecil kapanpun dimanapun :D

      Hapus
  13. Iyq banget. Semua hal besar yang terjadi, kejutan-kwjutan yang kita alami,dan bahkan impian yang terwujud itu bermula dari hal kecil. Semangat selalu. Yosh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari kita buat pondasi impian dari hal yang kecil :D

      Hapus
  14. lama lama afif ini nyaingin mario teguh, tapi tentunya gak akan bisa menandingi kecerdasan otak milik maryono ini.. hmm ente mau hipnotis gue kan pake kata kata bijak lo itu, terus setelah gue dihipnotis gue bakal diculik da n gue diperkosa gitu kaan? astagfirullah, sadaar bang, ini bulan ramadhan!!

    BalasHapus
  15. Iyappp bener banget, ngena banget kata-kata di atas bro

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, mari berdiskusi

-Muhammad Afif

Postingan populer dari blog ini

Review: Gatsby Styling Pomade Supreme Hold, Gaya Pompadour!

Kayaknya udah gak perlu lagi ya gue jelasin panjang lebar tentang barang yang satu ini. Sebuah benda yang telah menjadi barang penting bagi kaum adam modern. Abis mandi keringin rambut pake handuk, tinggal pake deh barang yang satu ini. Pomed sih gue nyebutnya. Ah percuma juga kalo gue jelasin lebih dalam lagi. Yuk langsung ajadeh gue review. Kali ini gue akan menuliskan review Pomade dari Gatsby, yang sebelumnya gue juga pernah menulis review tentang pomade keluaran Gatsby. Ya ini adalah kedua kalinya gue akan mereview pomade. Pomade emang barang penting bagi cowok-cowok sosialita (gak cewek aja yang sosialita) pada jaman sekarang. Rasanya kalo siap mandi gak pake ini ada yang kurang gitu. Nah alasan mengapa cowok-cowok banyak make pomade adalah karena ingin rapi a.k.a klimis. Kalo rambut udah di pakein sama pomade, berantakan sedikit, tinggal keluarin sisir dari saku celana, sisir deh, dijamin klimis lagi! Baca juga  Review Gatsby Styling Pomade, Supreme Grease

Review Produk: Gatsby Styling Pomade

Hello gans, assalamu'alaikum ^-^ Gimana kabarnya? Sehat? Alhamdulillah deh kalo gitu. Kali ini gue bakalan nulis hal yang gak biasa banget gue tulis di blog. Postingan ini anti mainsentrum (baca mainstrim) banget deh. Soalnya kenapa? Gue bakalan nge-review alat gaya rambut (alaah bahasa gue), yang lagi nge-trend saat ini. Yak, Gatsby Styling Pomade! Oh ya sebelum gue lanjut nge-review, ini adalah pertama kali gue nge-review suatu produk, jadi kalo ada yang kurang dari penilaian gue, mohon maaf aja yak, wajarlah masih nubie dalam dunia per-pomadean. HAHAHA! *** Yuk daripada ketawa jadi gila, mari kita review merk pomade yang made in Indonesia ini : Pertama, produk ini di produksi oleh PT. Mandom Indonesia, well produk ini asli Indonesia. Inilah salah satu cara gue mencintai negara sendiri dengan membeli produk buatan dalam negeri. *Ceilahh*. Awal pertama kali gue tau pomade ini, ada temen gue yang make pomade ini, lalu dia merekomendasiin gue buat make, lal

Youtubers Indonesia Favorite Gue

Whats up? Pada kali ini... Sebelum gue melanjutkan, gue denger-denger lagi ada teror di ibukota Prancis, Paris ya. Katanya ada teror bom gitu di sekitar kota Paris. Semoga gak ada apa-apa dan WNI yang ada di sana gak kenapa-kenapa dalam keadaan sehat wal'afiat. Amin... #PrayForParis *** Youtube. Ya, Salah satu platform yang digunakan banyak orang untuk mengunggah video-video yang dibuatnya. Siapa pun, umur berapa pun, dan gak kenal status, dapat menguggah video terbaiknya ke Youtube. Asal punya akses internet *yaiyalah*. Lambat laun, perkembangan Youtube sangat cepat sekali. Mulai dari video pertama yang ada di youtube yang berjudul "Mee at the zoo" yang diunggah oleh nama pengguna "jawed" yang sekaligus salah satu pendiri Youtube, Jawed Karim , dan hingga saat ini, mungkin bisa ditaksir ada jutaan lebih video yang ada di Youtube. Wow. Bicara tentang video yang ada di youtube, tentu dibaliknya ada seorang pengunggah video tersebut. Ada berbagai macam